Kamis, 29 Januari 2015

"Ichlasul bertanya" Bagaimana cara Fiber optic bekerja?


Assalamualaikum wr.wb
pagi, saya mendapat pertanyaan dari teman saya Ichlasul tentang bagaimana kabel fiber optic bekerja dengan kecepatan tinggi. saya akan menjelaskan yang saya mengerti saja

Misalkan Anda ingin meyalakan sinar senter, jika ingin sinarnya lurus tinggal arahkan saja lurus, sehingga tidak ada masalah. Bagaimana jika lorong memiliki tikungan di dalamnya sehingga sinar tidak bisa menembusnya? Anda dapat menempatkan sebuah cermin di tikungan untuk merefleksikan sinar di sudut. Bagaimana jika lorong sangat berkelok-kelok dengan beberapa tikungan? Anda mungkin harus membuat dinding dengan cermin dan sudut dengan cermin sehingga cahaya memantul dari sisi ke sisi sepanjang lorong. Ini adalah apa yang terjadi dalam serat optik.

Cahaya di kabel serat optik berjalan melalui inti (lorong) dengan terus-menerus memantul dari cladding (dinding cermin berlapis), prinsip yang disebut refleksi internal total. Karena cladding tidak menyerap cahaya dari inti, gelombang cahaya dapat melakukan perjalanan jarak jauh.
Namun, beberapa sinyal mengalami degradasi atau melemah serat, sebagian besar karena bahan yang kurang murni.

degradasi sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang cahaya yang ditransmisikan (misalnya, 850 nm = 60 sampai 75 persen / km; 1.300 nm = 50 sampai 60 persen / km; 1.550 nm lebih besar dari 50 persen / km). Beberapa serat optik premium menunjukkan degradasi sinyal jauh lebih sedikit - kurang dari 10 persen / km di 1.550 nm.

data yang dikirim terlebih dahulu dirubah menjadi gelombang cahaya dan ditransmisikan ke penerima dan dirubah kembali sehingga bisa dibaca datanya

maka dari itu karena kabel fiber optic menggunakan pembiasan cahaya maka kecepatan transfer data nya pun sama dengan kecepatan cahaya.

terimakasih,maaf kata katanya berantakan

0 komentar:

Posting Komentar